SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

CINTA DAN SAYANG


“Sebagian tanda kekuasaan-Nya, Dia menciptakan istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum [30] : 21)

Dengan pernikahan, Allah menumbuhkan rasa cinta dan sayang. Cinta yang baru bersemi, akan semakin subur, tumbuh merindang, mengakar kokoh dan memunculkan buah lezatnya. Begitu pun rasa sayang akan bersemi, tumbuh subur dan mengakar. Dalam bahasa Al-Quran, cinta adalah mawaddah. Sedangkan sayang adalah rahmah.

Cinta bersemi karena ketertarikan. Mungkin karena kecantikan atau ketampanan. Boleh jadi karena harta kekayaan. Bisa pula karena faktor keturunan. Yang terbaik dan membawa keberuntungan adalah jika ketertarikan itu disebabkan oleh faktor keshalihan.

Adapun sayang bisa tumbuh tanpa ketertarikan hati. Mungkin seorang suami atau istri melihat kekurangan pada pasangannya. Kurang cantik dan tampan. Kurang kaya. Juga sebagian sifatnya kurang menyenangkan. Meski begitu, ia tetap sayang. Tidak ingin menyakitinya. Ia juga tidak ingin orang lain menyakitinya. Kebersamaan dalam ikatan pernikahan dan lahirnya anak-anak, semakin menumbuhkan perasaan sayang itu.

Rasa sayang hanya tumbuh dalam hubungan pernikahan. Perzinaan tidak mungkin menumbuhkannya. Bahkan, perzinaan juga sangat mudah memudarkan cinta. Ketika kecantikan mulai pudar. Kekayaan berkurang. Atau beberapa sifat yang tidak disenangi mulai terlihat pada pasangan.

Apakah kita bermimpi mewujudkan sebuah masyarakat yang saling mencintai dan menyayangi? Ketahuilah, mimpi kita itu hanya akan menjadi mimpi, jika masyarakat kita tidak bisa lagi menghormati hubungan pernikahan. Lebih mengenaskan jika masyarakat tidak bisa lagi membedakan antara pernikahan dan perzinaan.

Dari keluarga yang diikat pernikahanlah cinta dan sayang akan tumbuh, lalu menyebar mekar ke seluruh lapisan masyarakat. Jika demikian, bukankah sudah saatnya kita menyadarkan remaja dan masyarakat kita tentang pentingnya memelihara cinta dan sayang dalam ikatan pernikahan?

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: