SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

CHENEY KEMBALI KECAM OBAMA


Dick Cheney

Dick Cheney

Selasa, 21 April 2009

Mantan Wakil Presiden AS, Dick Cheney, melontarkan kritik keras terhadap Barack Obama dan politik luar negeri yang ditempuh Pemerintahan AS saat ini, dengan mengatakan bahwa kebijakan tersebut akan mempengaruhi posisi Amerika Serikat sebagai negara adidaya di dunia.
Dalam wawancara dengan Fox News, Cheney mengatakan, “Saya prihatin dengan kebijakan luar negeri yang kita tempuh dan terkejut oleh berbagai lawatan yang dilakukan oleh Obama serta permintaan maafnya mengenai kebijakan-kebijakan AS di masa lalu.”

CHENEY TUDUH OBAMA LEMAH
Mantan wapres AS ini mengatakan: “Anda harus lebih waspada karena negara-negara lain, baik kawan maupun lawan, berusaha mengambil keuntungan dari situasi di mana mereka meyakini bahwa mereka sedang berhadapan dengan seorang presiden yang lemah atau seseorang yang tidak berdiri kukuh untuk secara tegas membela kepentingan Amerika.”
Perlu dicatat, di masa lalu, dengan alasan untuk menjamin stabilitas keamanan nasional Amerika Serikat, Pemerintah AS telah mengobarkan sejumlah perang serta melakukan rangkaian kejahatan dan pelanggaran hak asasi manusia, sampai akhirnya mereka mengaku telah gagal mewujudkan keamanan bagi Amerika secara sempurna.
“Amerika Serikat telah memainkan peran penting di dunia dalam jangka waktu yang lama. Saya pikir, tidak ada alasan untuk meminta maaf,” katanya.
Presiden Obama, dalam kampanye pemilu lalu telah mengangkat slogan perubahan dan berjanji akan menempuh kebijakan yang berbeda dari kebijakan yang telah diambil oleh pemerintahan Bush.

CHENEY KRITIK PENDEKATAN OBAMA TERHADAP DUNIA ISLAM, KUBA DAN VENEZUELA
Selama tur Eropa awal bulan ini, Obama menyatakan niatnya untuk mengurangi cadangan nuklir negaranya secara bertahap selama empat tahun. Ia menyatakan, “Amerika Serikat akan mempelopori sebuah proposal pengurangan penyebaran senjata nuklir, tetapi pada saat yang sama, negara kita tetap akan memiliki kekuatan nuklir yang cukup untuk mencegah serangan musuh dan menciptakan rasa aman bagi negara-negara sekutu.”
Ia berjanji pemerintahannya akan menempuh upaya diplomasi sebagai solusi terhadap krisis nuklir dengan Iran dan Korea Utara. Ia juga menegaskan bahwa Amerika Serikat akan menggunakan pendekatan baru dalam hubungannya dengan dunia Islam, serta dengan negara komunis Kuba dan Venezuela.
Mantan wapres AS ini juga mengecam adegan jabat tangan antara Obama dan Presiden Venezuela, Chavez, “Apa yang terjadi sama sekali tidak akan berguna. Ada langkah-langkah yang ditempuh berdasarkan pertimbangan yang salah. Apa yang terjadi itu seharusnya dilakukan pada situasi yang tepat, karena yang penting adalah kemampuan membedakan antara yang baik dan yang jahat serta antara siapa yang percaya kepada demokrasi dan siapa yang menentangnya “, katanya.
Berkenaan dengan keputusan Obama untuk mengungkap dokumen badan intelijen AS mengenai kondisi penahanan para tersangka kasus “terorisme” dan teknik interogasi terhadap mereka, Cheney mengatakan: “Kami telah meminta publikasi yang lebih tentang metode-metode interogasi yang diterapkan oleh pemerintahan Bush, tetapi mereka tidak berhasil menemukan informasi-informasi yang menunjukkan keberhasilan usaha kami. Padahal ada laporan-laporan yang menunjukkan kemajuan yang dicapai dari kegiatan-kegiatan ini. Secara resmi saya menuntut hal itu dilakukan sekarang”, katanya.
Bulan lalu – ketika memberikan pembelaan terhadap kebijakan pemerintah AS sebelumnya menyangkut perang Irak serta perlakuan terhadap para tersangka terorisme dan kampanye anti terorisme – Cheney telah juga memberikan peringatan bahwa kebijakan Obama akan meningkatkan risiko serangan terhadap Amerika Serikat.

Diterjemahkan dari Situs Mafkarah Islam.

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: