SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

BAGAIMANA HARTA MENJADI SIKSA?


“Janganlah harta benda dan anak-anak mereka itu membuatmu kagum. Sungguh, Allah hanya ingin menyiksa mereka dengan harta benda dan anak-anak itu dalam kehidupan di dunia…” (QS. At-Taubah [9] : 55)
Tidak mudah memahami, bagaimana Allah menjadikan harta sebagai siksa. Banyak orang memandang harta sebagai standar kemuliaan. Jika melihat seseorang dilapangkan rezeki oleh Allah, mereka akan mengatakan, Allah telah memuliakannya dengan memberinya harta melimpah. Sebaliknya, jika melihat seseorang sedang disempitkan rezekinya, maka mereka mengatakan Allah telah menghinakannya.
Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah pernah menjelaskan, harta kekayaan memang bisa menjadi siksa bagi seseorang. Yang pertama siksa itu bisa terletak pada saat mencarinya. Kecintaan berlebihan kepada harta, membuat orang melakukan hal-hal yang menyiksa diri untuk mendapatkan harta sesuai dengan yang diinginkannya. Harta miliknya mungkin banyak. Tapi untuk mendapatkannya ia melakukan hal-hal yang menyiksa dirinya.
Kadang-kadang, siksa harta itu terjadi pada saat harta itu sudah menjadi miliknya. Harta yang diinginkannya jauh lebih banyak dari yang dimilikinya. Ia pun tersiksa ketika harus menjaga hartanya, jangan sampai berkurang atau hilang.
Selain itu, harta bisa menjadi siksa bagi seseorang pada saat meninggalkan dirinya. Ia merasa sayang ketika harus menggunakan harta untuk keperluannya sendiri atau keluarganya, untuk membayar kewajiban-kewajibannya seperti zakat dan infak fi sabilillah. Sering pula, ia kehilangan harta, karena kecelakaan, dicuri atau dirampok.
Dalam ketiga keadaan tersebut, harta bisa menjadi siksa bagi seseorang. Yang membuatnya stress, tidak bisa tidur, tidak enak makan, dan tidak bisa menikmati segala aktivitasnya.
Allah memberikan harta kepada sebagian hamba yang dikehendaki-Nya dan menahan dari hamba-Nya yang lain yang dikehendaki-Nya. Sebagai ujian dan berbagai hikmah lainnya. Sebaik-baik harta adalah harta yang baik di tangan orang yang shalih.

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: