SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

KETIKA DOKTER RAME-RAME BICARA BEKAM


Seminar bekam yang diadakan oleh ABI (Asosiasi Bekam Indonesia) di Semarang, Ahad, 22 Maret 2009 tergolong seminar bekam paling unik yang pernah saya ikuti. Unik karena inilah seminar pertama tentang bekam di mana ketua panitia, narasumber, dan moderator seminar, semuanya dokter. Peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi dialog pun kebanyakan dokter. Lebih unik lagi, semua pembicara menyimpulkan bahwa bekam merupakan metode pengobatan “terbaik”. Ah, yang benar? Masak iya? Kok bisa?

Dr. dr. Tauhid Nur Azhar, M. Kes, narasumber utama dalam seminar ini membawakan makalah berjudul : “Tinjauan Biomolekuler dan Immunologi Bekam”. Dengan lugas dan cerdas, dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Unisba yang meraih gelar doktoral di bidang immunologi dari Universitas Kebangsaan Malaysia ini menguraikan cara kerja sistem kekebalan tubuh manusia, bagaimana sistem yang menjaga kesehatan tubuh manusia secara cerdas dan ajaib ini bisa terganggu, lantas bagaimana bekam bisa menjadi sarana efektif untuk melatih dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan.

Dr. Wadda’ A. Umar, narasumber kedua, berbicara tentang “Bukti-bukti Keajaiban Bekam”. Dokter sekaligus penulis buku “Sembuh dengan Satu Titik” ini menguraikan banyak slide yang menunjukkan hasil-hasil riset yang membuktikan efektivitas terapi bekam untuk mengatasi berbagai penyakit berat seperti: hemofilia, kemandulan, leukimea, artritis, hodgin desease, sindroma bahchet, dan sebagainya. Semua hasil riset laboratorium tersebut dilakukan oleh tim medis dan farmasi yang kredibel di bawah lembaga yang berkompeten di bidang kesehatan di berbagai negara, utamanya Eropa, Cina, dan Timur Tengah. Sayang, tidak ada satu pun riset yang dilakukan di Indonesia.

Seminar yang dihadiri oleh ratusan peserta yang memenuhi ruangan lantai satu dan dua balaikota Semarang ini berlangsung hangat. Apalagi, dr. Zaidul Akbar, moderator seminar sangat pandai menghangatkan suasana dengan motivasi-motivasi maupun joke-joke segarnya. Menurut dr. Ali Ridho, salah satu tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk mensosialisasikan terapi bekam sebagai metode terapi thibun nabawi yang terbukti berkhasiat mengatasi berbagai penyakit yang sangat sulit ditangani dengan metode pengobatan lain.

Satu hal lagi yang membuat acara ini istimewa bagi saya, saya berangkat bersama rombongan peserta seminar dari Solo yang jumlahnya empat belas orang dan salah satunya adalah Dr. dr. Subagyo Sukiman, Sp.U. Dokter senior spesialis urologi ini mempunyai kisah unik, sehingga tertarik mengikuti seminar. Dua hari sebelumnya, Dokter Subagyo bercerita memiliki keluhan nyeri di punggung. Katanya, rasanya seperti “dipantek”. Sudah diobati. Juga sudah diterapi dengan pijat refleksi. Sayangnya, rasa nyeri tak kunjung pergi. Saat itu, saya dan teman-teman menyarankan dokter untuk berbekam. Subhanallah, sehari setelah berbekam, dokter mengatakan kepada salah seorang teman saya, bahwa rasa nyeri itu sudah hilang. Dan dokter pun memutuskan untuk ikut serta dalam seminar ini, setelah membatalkan salah satu acara penting yang sudah beliau jadwalkan. “Kalau ada yang meragukan efektifitas bekam, suruh dia datang kepada saya”, kata beliau seusai seminar.

Alhamdulillah, saya mengucap syukur kepada Allah. Bukti kebenaran thibbun nabawi semakin terkuak. Bukan hanya hadits tentang bekam yang sahih, tapi risetnya pun sahih. Testimoni tentang efektifitas terapi ini pun sudah mutawatir, terlalu banyak untuk dihitung. Tampaknya, acara-acara seperti ini perlu terus diadakan di berbagai kota lain. Kapan di Solo? Wallahu a’lam.

Iklan

Single Post Navigation

24 thoughts on “KETIKA DOKTER RAME-RAME BICARA BEKAM

  1. Ping-balik: Hijrahnya Para Dokter Muslim Ke Thibbun Nabawi | BEKAM BINTAN THERAPY

  2. Ping-balik: BEKAM BINTAN THERAPY

  3. hasanudin on said:

    Assalamualaikum..dok anak sy hemofilia dimana sy harus terapi bekamnya dan bisakah disembuhkan dgn bekam.?Trimakasih

  4. wa alaikum salam. Doakan ya pak hakim. Semoga kita tidak berhenti berkarya. Yang bermanfaat, meski sederhana. Amin.

  5. Assalamu ‘alaikum selalu berkarya walau selalu di balik layar Ustadz yang satu ini. Hakimmuddin

  6. bekam pengobatan yang bagus dan praktis

  7. muhammad naufal on said:

    ass,tolong komform kalo ada kegiatan seminar bekam lagi……thanks wass

  8. tinggikan farmasi Islam

  9. Khothibul Umam on said:

    Mohon informasi ahli terapi Bekam di semarang…

  10. Ping-balik: KETIKA DOKTER RAME-RAME BICARA BEKAM « saudagarminang

  11. Ping-balik: KETIKA DOKTER RAME-RAME BICARA BEKAM « Cipinang Hijamah

  12. Santosa jati on said:

    Kami adalah juga pegobatan Alternatif dengan metode BEKAM, TOTOKDARAH, DAM ACUPRESSUR. BEKAM manfaatnya banyak sekali tetapi tidak semua bisa disembuhkan dengan bekam, tetapi semua kembali kepada Allah yang menentukan kesembuhan pada hambanya . yakinlah pada Allah yang telah menyembuhkan penyakit dengan bekam. tapi harus digaris bawahi bahwa kesembuhan penyakit semata-mata bukan karena di BEKAM, DI OBATI DOKTER, DI REFLEXSI, di akupunktur dan sebagainya. kesembuhan semua tergantung Allah dimana dan dengan metode apa hanyalah Allah yang menentukan kesembuhan mamba-hambanya. jika semua penyakit bisa disebuhkan dengan bekam saja. kemana pengobatan yang lain seperti dokter dan tabib mencari rezeki. begitu pula sebaliknya jika semua penyakit hanya bisa sembuh di kedokteran, kemana tabib dan pengobatan mencari rezeki. kesimpulanya jangan kita terlalu membanggakan ilmu yang telah di berikan Allah kepada kita. tapi banggalah kepada Allah yang telah menurunkan berbagai macam ilmu pengobatan semua itu hanya sarana untuk memberikan rezeki kepada hambanya. jadi janganlah metode teraphy apa saja untuk bahan perdebatan. tapi diketahui untuk dikembangkan agar menjadi tambahan jalan mencari rezeki untuk orang lain. terima kasih dari kami santosa jati telpon 02144358813 email facebook >santosa_jati@yahoo.com

  13. Subhanallah…
    semoga semakin banyak dokter dan tenaga medis lainnya yang tergerak mendakwahkan sunnah nabi ini.

  14. Ass.
    Yuk berjuang berjamaah…

    —————————————————————
    —————————————————————

    Wass. Siip. Terus sosialisasikan sunnah Rasul. Untuk menebar kemanfaatnya kepada masyarakat.

  15. nur mohamad on said:

    aww. akhi tolong gopikan materinya bekam dari tinjauan biomolekuler

    http://www.afwan akhi, ana ndak nyimpan naskahnya.

  16. subhanallah..smoga dg bekam,salah satu terapy perubatan muslim,yg lama tdk kita gali manfaatnya.hidup sehat dg ngikuti sunah rasul,mengangkat ummat.pdla hidup sehat kembali ke fitrah..kembali ke alamiah berlandaskan halal dan thoyyib…mari kita bangkitkan dan hidupkan perubatan muslim…insyaAllah sehat sejahtera dunia akherat,lahir dan bathin…usia panjang kaya dunia akherat,dg amalkan bekam-alhijammah…smg kita jd ummat yg tawakal dan ikhlas…jazakallah..

  17. Assaalaamu ‘alaikum. Ada yang tahu gak informasi ttg bagaimana kalo mau gabung ke ABI? Jazaka4wl khair

  18. ust.bams on said:

    subhanallah, benar-benar menakjubkan, semoga Allah memudahkan jalan hamba-hamba-NYA dalam rangka syiar sunnah nabi SAW, terus berjuang tetap semangat…!!! Allahu Akbar..!!!

  19. Ping-balik: SEMBUH DENGAN SATU TITIK « BURSA AL-QOWAM

  20. ummu salamah on said:

    ya… solusi kesehatan memang harus dari Allah SWT, pencipta manusia… kalo dari manusia lain ya… jadinya Trial and Error….,

    Atibunabawy, memang solusi sehat alla Rasulullah SAW….. rugi aja orang-orang yang tidak yakin dengan apa yang di rekomondasi oleh Rasulullah SAW

    Apalagi yang mengaku muslim…. perlu di pertanyakan keimanannya…. wow… berat tuh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: