SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

MAISIE LAHIR, SIAPA AYAHNYA?


Belum lama ini, publik Inggris, bahkan dunia, dihebohkan oleh kelahiran bayi bernama Maisie Roxanne di Rumah Sakit Eastbourne, Inggris, Senin 10 Februari lalu.

Ibunya Chantelle Steadman. Saat melahirkan Maisie, Chantelle baru berumur 15 tahun. Berarti, sudah hamil saat masih berusia 14 tahun. Ck.. ck.. ck..

Diyakini Chantelle dihamili oleh pacarnya, Alfie Patten. Bocah yang konon masih suka bermain play station. Usianya lebih muda dari Chantelle. Baru 13 tahun. Bocah ini diakui Chantelle telah berhubungan seksual dengannya dan menghilangkan keperawanannya. Ck.. ck.. ck..

Yang lebih menghebohkan, ada dua remaja selain Alfie, mengklaim bahwa bisa jadi merekalah ayah dari Maisie.

Richard Goodsell, remaja 16 tahun, mengaku tidur bersama Chantelle dalam periode 3 bulan saat Chantelle merasa hamil. Ia mengaku, sedikitnya tiga kali melakukan hubungan seksual dengan Chantelle di rumahnya. “Bisa jadi saya ayah bayi itu. Semua orang berpikir sayalah ayahnya. Teman-teman saya bilang bahwa mata bayi itu persis mata saya” ujarnya seperti dilansir News of The World edisi 15 Februari 2008.

Anak 13 tahun menjadi ayah

Anak 13 tahun menjadi ayah

Sementara itu, Tyler Barker, 14 tahun, juga mengaku pernah berhubungan seksual dengan Chantelle. “Saya tidur dengan Chantelle sekitar 9 bulan lalu dan saya khawatir bisa jadi saya ayah bayi itu,” ujarnya.

Pemimpin oposisi dari Partai Konservatif menyebut peristiwa ini sebagai contoh rusaknya kehidupan sosial di “Inggris yang hancur.” Adapun Perdana Menteri Brown berkomentar, “Saya tidak mengetahui secara detail kasus ini, namun jelas saya pikir kita semua ingin menghindari kehamilan di kalangan remaja,” kata Brown.

Terlepas dari pro kontra itu, sungguh kasihan bayi Maisie! Terlahir dari seorang ibu yang terlalu muda! Sementara, pengadilan masih harus menentukan siapa dari ketiga bocah yang mengaku berhubungan seksual dengan ibunya itu yang kelak berhak dipanggilnya sebagai ayah. Latar belakang hubungan kedua orang tuanya yang buruk itu, tentunya sangat mempengaruhi bagaimana kelak ia dididik, dipelihara, dan tumbuh dewasa.

ISLAM MELINDUNGI NASAB SETIAP BAYI

Islam memiliki aturan yang sangat bijaksana yang dapat memelihara kejelasan nasab atau jalur keturunan setiap bayi yang lahir ke dunia.

Pertama, Islam menetapkan bahwa nasab seseorang hanya bisa ditentukan dari sebuah hubungan dalam kerangka pernikahan sah. Hubungan seksual di luar nikah tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk menetapkan nasab seorang bayi kepada seseorang yang dianggap sebagai ayahnya.

“Al-Waladu lil firosy”, begitu sabda Nabi. Artinya, status nasab seorang anak tergantung kepada siapa yang menjadi ‘pemilik ranjang’ ibunya. Atau dengan kata lain, siapa suami ibunya.

Kedua, Islam melarang pernikahan wanita dalam keadaan hamil. Wanita hamil jika diceraikan atau ditinggal mati suaminya, harus menyelesaikan `idah (masa tunggu) yaitu sampai melahirkan bayinya. Setelah itu ia baru boleh dinikahi.

“Wanita-wanita hamil, masa tunggu (`idah) mereka adalah sampai mereka melahirkan.” Lihat terjemahan Al-Quran surat Ath-Thalaq (surat ke-65), ayat 4.

Nabi saw. juga bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, janganlah menyiramkan airnya ke tanaman orang lain.”

Menurut penjelasan para ulama, yang dimaksud “air” dalam sabda Nabi saw. tersebut adalah sperma. Sedangkan yang dimaksud “tanaman orang lain” adalah janin yang dikandung dari hasil hubungan dengan laki-laki lain. Hadits ini menguatkan larangan menikahi wanita dalam keadaan hamil. Pernikahan wanita hamil tidak sah dalam pandangan Islam.

Bagaimana dengan wanita yang hamil dari hubungan di luar nikah ? Bolehkah dinikahi? Jika boleh kapan?

Jawabannya, ia boleh dinikahi bila terpenuhi dua syarat. Pertama, setelah melahirkan. Karena wanita hamil tidak boleh dinikahi sebagaimana telah dikemukakan. Kedua, jika ia telah bertaubat dari perbuatan zina. Sebab, wanita yang berzina tidak boleh dinikahi, walaupun tidak dalam keadaan hamil. Dalilnya firman Allah:

“… wanita pezina tidak boleh dinikahi kecuali oleh laki-laki pezina atau musyrik. Dan itu diharamkan bagi orang-orang beriman.” Lihat terjemahan Al-Quran Surat An-Nur (Surat ke-24) ayat 3.

Ibnu Musayyab meriwayatkan bahwa di masa Rasulullah saw., ada seorang laki-laki menikahi seorang perempuan. Ketika berhubungan seksual dengan istrinya, ia baru tahu kalau ternyata istrinya sedang hamil. Ia pun mengadukan kasus ini kepada Nabi saw. Berdasarkan keputusan beliau, pasangan ini diceraikan. Mahar diberikan kepada si perempuan. Plus hukuman dera 100 kali.

Adapun apabila telah bertaubat, maka ia boleh dinikahi. Karena statusnya seperti orang yang tidak berzina. Nabi saw. bersabda, “Orang yang bertaubat dari dosa, seperti orang yang tidak punya dosa.”

Aturan pernikahan yang tegas seperti itulah yang akan melindungi hak bayi-bayi yang lahir ke dunia. Agar bayi-bayi yang tidak bisa berupaya apa-apa itu kelak lahir dengan status ayah yang jelas. Dengan Islam, hak bayi lebih terlindungi.astaga-anak-13-tahun-sudah-jadi-ayah

Iklan

Single Post Navigation

3 thoughts on “MAISIE LAHIR, SIAPA AYAHNYA?

  1. wah, bener-bener sudah rusak moral nih penduduk bumi.

  2. Itulah contoh rusaknya moral dan standar hidup di negara – negara maju, yang parahnya banyak remaja kita yang tanpa sadar merindukan kehidupan seperti itu. Seperti misalnya lagu sebuah band Changcuter yang termimpi – mimpi ingin pindah ke London.

  3. yahya ayyas on said:

    Masya Allah…demikian parahnya akhlak manusia zaman ini. Zaman semakin berkembang akan tetapi akhlak semakin menurun. Apakah ini zaman yang pernah dikisahkan oleh Rasulullah SAW sebagai SYARRUL UMMAH…..wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: