SURGA HATI

Mari Bicara tentang Hati

BEKAM TANGGAL 17


Banyak orang belum memahami, apa hikmah dianjurkannya berbekam pada tanggal 17, 19, dan 21 bulan qomariyah?
Salah satu buku yang menjawab pertanyaan ini ditulis oleh Muhammad Amin Syaikhu, berjudul Mu’jizatu `l-Qorni `l-Isyrin (Mukjizat Abad ke-20).
Cahaya bulan berpengaruh terhadap kehidupan di bumi. Misalnya, bulan purnama menyebabkan air laut pasang. Beberapa pohon diketahui getahnya bergerak naik ke puncaknya.
Peredaran darah manusia pun dipengaruhi oleh cahaya bulan. Pada hari-hari purnama, timbul apa yang dikenal sebagai tabayyugh dam (darah naik). Akibat dari naiknya darah ini, banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan disebabkan oleh bergolaknya darah. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa angka kriminalitas pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan qomariyah meningkat. Nafsu syahwat manusia juga naik. Dari situ bisa dipahami hikmah dianjurkannya puasa pada tanggal-tanggal tersebut, yang dikenal sebagai ayyamu `l-bidh. Yaitu menekan gejolak nafsu yang meningkat akibat pengaruh cahaya bulan.
Setelah purnama, cahaya bulan berangsur berkurang. Pergolakan darah mulai berkurang. Darah kotor mulai mengendap. Istilah `darah kotor’ ini merupakan istilah khas yang populer di kalangan para ahli pengobatan tradisional untuk menyebut darah yang mengandung sel-sel darah yang rusak atau mati, toksid, dan zat-zat lain yang berlebih seperti asam urat dan lain-lain. Itulah saat terbaik seseorang melakukan bekam. Karena pada hari itu, pengeluaran darah kotor bisa lebih maksimal. Maka, efek kesembuhan lebih dirasakan pada orang yang berbekam.

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: